Kamis, 07 Juli 2011

TIPS MEMILIH EFEX GITAR/BASS BEKAS

Memilih Efek Gitar/Bass Bekas Beberapa minggu lalu dollar mencari titik klimax-nya (pada bulan Desember) melambung pada kisaran Rp. 12.700,-/usd.

Dampaknya beberapa barang/bahan yang di-import dari luar negeri mengalami peningkatan harga jual alat musik baru yang signifikan, apalagi beberapa issue kalau di-”border” barang dari luar negeri susah masuk ke Indonesia. Hasilnya, semua ini menimbulkan 2 kondisi : beberapa barang “hot item” susah ditemukan dan jika ada-pun harganya tinggi sekali “teu kira-kira” kata orang Majalaya -mah.

Music center> yang menjual alat musik second atau menjual alat musik bekas menjadi target buruan, mulai dari alat musik bekas gitar, keyboard, drum, aksesoris alat musik second dan lain-lain yang tidak kalah dengan alat musik baru seperti Daliza Music Center Yang akan kita bicarakan sekarang ini adalah Efek untuk bass atau gitar.

Pertama kali yang harus diperhatikan dalam memilih efek gitar adalah ;
1. Kondisi body dari cat/warna dan keutuhan alat musik bekas terutama dibagian efek.
Yang namanya alat musik second, jarang kita temukan barang bekas dengan kondisi seperti alat musik baru. Pernah dapat mulus banget! tapi itu jarang!

2. Untuk efek multi harus diperhatikan adalah keaslian adaptornya (untuk yang memakai adaptor bawaannya) harus aseli donk.. dan jika sudah tidak aselipun perhatikan kebutuhan voltase dan Ampere-nya harus cocok.

3. kondisi layar/display. Coba matikan dan nyalakan kembali di tempat jual alat musik second tersebut, jika ada lcd yang sudah rusak akan keliatan ketika sengan dibooting/nyalakan. Jika layarnya menggunakan LED (seperti AX Korg 1500) nyalakan dan matikan di ruangan yang kurang cahaya, akan terlihat jelas jika layarnya sudah kurang baik walaupun tidak seperti yang dijual penjual alat musik baru.

4. test! selama 1 jam di tersebut. Ya kalau beli kan boleh dicobain dulu. Selain untuk mengenai feature-featurenya apakah masih dalam keadaan bik, juga sangat bermanfaat untuk mengetahui keadaan pada posisi “ON” pada jangka waktu tertentu. test ini untuk mengetahui daya tahannya, apakah masih kuat jika diajak nge-”jam”

5. Terakhir, coba semua featurenya. Ada tombol putar ! ya putar2 kanan kiri dan lihat display juga suaranya berubah engga ? ada tombol tekan, ya tekan-tekan, layarnya rubah engga ? suaranya ikut rubah engga ? periksa baud2nya sudah rusak atau masih bagus, ada bekas dibuka atau mulus.

6. Ajak ngobrol terus yang jualnya, siapa tahu harganya bisa turun lagi..!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar