Kamis, 07 Juli 2011

Tips Merawat Gitar

Kalo senar 4,5,6 suaranya sudah mendem, caranya bisa di rebus di dalem air panas (kalo bisa mendidih) untuk sekitar 10 menit. Setelah itu angkat dan di-lap sampai bersih, niscaya suaranya akan 'bright' lagi mendekati baru. Tips ini berguna banget buat senar bass. Senar bass yang sudah sangat berkeringat dan lembab sangat ampuh di'recover' dengan cara merebus ini.

Pernah coba pake Thinner?! itu juga bisa. Atau cairan khusus untuk senar gitar. Di lap (dengan dicamput cairan tersebut) berulang-ulang sehingga benar2 bersih (biasanya lap-nya jadi kotor banget)

Selalu me-lap senar setelah di pakai sampai benar-benar bersih! =)

Selain Kwalitas senar, juga diperhatikan tempat penyimpanan (Hardcase yang baik), dan udara/suhu tempat kita tinggal. Seperti didaerah Kemayoran, meskipun senar udach lumayan bagus, tapi tetap aja cepat berkarat, karena udara yang agak mengandung garam (deket laut), ditambah lagi Hardcase kurang bagus.

Tiap kali mau disimpen atau abis dipakai, di bersihin pakai singer-oil (minyak untuk mesin jahit). Singer-oil, harganya cuma Rp 2rb / botol :)

Keliatannya, senar gitar lebih cepat korosi kalau kita jarang menggunakannya (disimpeeennn aja, apalagi ngga pakai case. Jadi, pegang sesering mungkin senar gitar anda, biar ngga gampang korosi.. :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar